evaluasi ranham

Catatan Evaluasi RANHAM 2004 – 2009

Dalam rangka mengevaluasi kepatuhan (comply) Pemerintah Indonesia dalam menjalankan United Nations Convention Against Torture and Other Cruel, Inhuman or Degrading Treatment or Punishment (UNCAT) yang telah diratifikasi dengan UU No 5 1998, Kemitraan merasa peranrlu mengadakan kajian ini karena alasan-alasan berikut: (i) Secara hukum Indonesia wajib menjalankan UNCAT karena telah mengikatkan diri pada Konvensi tersebut sejak tahun 1998, sehingga semua pasal-pasal UNCAT (kecuali pasal 20 karena Indonesia mengecualikan diri) bersifat wajib atau legally binding untuk melaksanakannya. (ii) Indonesia belum sepenuhnya mengintegrasikan UNCAT dalam sejumlah peraturan perundang-undangan nasional sehingga perlu dicermati secara khusus. (iii) Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) 1998-2003 dan RANHAM 2004-2009 dirasa masih memiliki kekosongan substansi dan pelaksanaannya belum konsisten dengan apa yang dituangkan dalam ke dua RANHAM tersebut.

Berdasarkan alasan-alasan di atas dan makin maraknya pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, Kemitraan dengan bantuan dana dari Uni Eropa mencoba mengevaluasi secara komprehensive pelaksanaan RANHAM 2004-2009 dan melihat kemungkinan rencana ratifikasi Optional Protocol UNCAT yang telah disepakati oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 18 Desember 2002 dan telah enter into force pada tanggal 22 Juni 2006.

Di samping itu, kajian ini juga memberikan masukan bagi Perencanaan RANHAM 2010-2014. Meningat pentingnya implementasi RANHAM yang konsisten dan pentingnya pemenuhan hak asasi setiap manusia Indonesia sebagaimana yang dimandatkan oleh UUD 1945 maka Kemitraan sangat bersungguh-sungguh menyelesaikan kajian ini. Untuk mewujudkan niat suci tersebut Kemitraan bekerjasama dengan sejumlah pihak dan individu yang tergabung dalam satu Tim Peneliti yang handal dan terpercaya.

Untuh Laporan Lengkap di sini: Evaluasi-Pelaksanaan-RANHAM-2004-2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s